Jumat, 05 Juli 2013

lantak n friends





Murai Batu. Seperti yang kita ketahui Murai batu merupakan salah satu burung yang “terkenal dan naik daun” dikalangan penggemar burung berkicau.
Hal ini dikarenakan selain suara kicauannya yang merdu Murai Batu identik dengan Ekornya ( panjang ) yang memikat, dan mempunyai gaya tersendiri di saat ‘ bertarung ’ dengan murai batu jantan yang lain.
Dengan ekor panjang yang di kibas-kibaskan keatas kebawah diiringi kicauan yang merdu memang sangat memukau bagi para penggemar burung berkicau.
Ciri umum yang dimiliki oleh burung murai adalah :
  • Ekornya yang panjang, bahkan lebih panjang dari badannya
  • Warna badan, kepala, sayap, paruh, dan ekor hitam mengkilap.
  • Bulu dadanya berwarna coklat kemerahan.
Banyak yang beranggapan bahwa burung murai yang paling baik adalah burung murai yang berasal dari Sumatra, diantaranya berasal dari Aceh Atau Nias dan Medan, ( akan tetapi mayoritas pecinta burung murai lebih menyukai burung murai yang berasal dari Medan karena mempunyai ciri khas yaitu mempunyai ekor yang panjang ), Karena cerdas, dapat dilatih dengan variasai ocehan yang lebih banyak, kualitas suara yang lebih merdu, gaya bertarung yang “keren“. Ocehannya lebih bervariasi, kalo dalam bahasa kicau mania sering di sebut ngerol.






Murai relatif lebih mudah dipelihara
Jika dibandingkan dengan burung kicauan lain saingannya yaitu anis merah. Banyak orang memililih membeli Murai Bakalan (dalam arti tangkapan hutan, belum terlatih)  kemudian merawatnya, karena harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan murai yang sudah ‘jadi’ alias sudah terawat, terlatih, dah siap dinikmati kicauannya.
Tidak salah apabila membeli murai bakalan, karena memang harganya relatif lebih murah. Namun bagi beberapa orang yang masih pemula, biasanya mengalami kesulitan dalam memilih burung murai bakalan ini. Karena kita tidak tau bagaimana kualitas burung tersebut (tentu saja kicauannya karena burung berkicau yang dinikmati adalah kicauannya, dan murai bakalan belum mau berkicau). Berikut akan saya ceritakan sedikit pengalaman dari teman-teman kicau mania, bagaimana cara memilih murai batu bakalan.





Sedangkan Cara memelihara burung yang baru ditangkap alias bakalan adalah :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar